Home Profil Relawan Arsyad Semangat Majukan TurunTangan Medan

579

Muhammad Arsyad Siregar bergabung dengan TurunTangan sejak Januari 2014. Pada 23 Januari kemarin, dia terpilih menjadi Koordinator TurunTangan Medan.

Arsyad tidak pernah menyangka akan mendapatkan amanah ini. Ada perasaan bahagia bercampur sedih. Mengingat koordinator sebelumnya cukup baik dalam membawa TurunTangan Medan hingga sekarang. “Ada beban berat dikarenakan harus menjaga gerakan ini tetap berkembang maju,” katanya.

Arsyad lahir di Medan, 15 Desember 1990. Merupakan alumni Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara (USU) dan kini telah bekerja di salah satu perusahaan swasta di Medan. Meskipun kini tengah sibuk bekerja, dia sangat bersemangat memajukan TurunTangan Medan.

Banyak rencana yang telah disiapkan yaitu menjalankan project yang belum terlaksana pada periode sebelumnya dan menjaga Gerakan TurunTangan Medan tetap konsisten di rel edukasi politik dan sosial. “Ada lebih dari 20 project yang rencananya bakal dilaksanakan dan saat ini masih dalam tahap seleksi,” tuturnya.

Untuk edukasi internal relawan sendiri, lanjut Arsyad, TurunTangan Medan berencana mengadakan diskusi internal secara berkelanjutan. Setidaknya sebulan sekali dengan materi dan pembicara yang berbeda-beda. “Rencananya mau diberi nama project “Rumah Negarawan”. Misalnya bulan ini mengenai korupsi dan transparansi anggaran. Bulan depan mengenai isu HAM, dan lain-lain,” ujarnya.

Arsyad menilai, TurunTangan Medan cukup dikenal di Kota Medan. Bahkan, semakin hari jumlah relawannya semakin banyak. Total jumlah relawan TurunTangan saat ini telah mencapai 120 orang. Sayangnya, jumlah project masih sedikit dan banyak project yang tidak tepat sasaran. “Ke depannya perlu dievalusi mengenai pematangan konsep sebuah project, tidak hanya asal eksekusi, tetapi harus memiliki indikator kesuksesan sebuah project sebelum project tersebut dijalankan,” ungkapnya.

Dia sangat berharap semakin banyak pemuda di Kota Medan yang bergerak dan bergabung dengan TurunTangan Medan. Semantara untuk TurunTangan sendiri, dia berharap semakin berkembang di berbagai kota di seluruh Indonesia. “Semoga dapat terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antar TurunTangan di setiap kota. Sehingga muncul project-project atau aksi mengenai isu nasional yang dapat dikerjakan secara bersama sama  seperti aksi “Indonesia untuk KPK” kemarin,” tutupnya.

 

Yus bergabung dengan TurunTangan sejak 2013. Sarjana Matematika lulusan Universitas Lampung ini memiliki minat besar di bidang jurnalistik dan sempat bekerja di salah satu media lokal di Lampung sebagai jurnalis. Untuk itu ia dipercaya menjadi Staf Hubungan Masyarakat dan mengelola buletin TurunTangan, Kabar Relawan.

Komentar