Home Kabar Terbaru Ayo Kawal Pilkada Bersama Untuk Banten

368

Provinsi Banten masuk ke dalam 101 daerah yang akan menggelar Pilkada 2017 pada 15 Februari mendatang. Tahun ini akan  diikuti oleh dua pasangan calon, yakni pasangan Rano Karno-Embay Mulya Syarif dan Pasangan Wahidin Halim-Andika Hazrumy.

Jauh dari penetapan calon gubernur dan wakil gubernur oleh Komisi Pemilihan Umum Banten, relawan TurunTangan Banten telah menginisiasi project Kawal Pilkada untuk kota Banten yang diberi nama Untuk Banten.

Untuk Banten adalah gerakan yang mengajak publik untuk terlibat dalam proses politik di Banten dengan cara memberikan edukasi politik, pengawalan proses politik (pilkada dan pasca pilkada) dan mendorong orang baik untuk terlibat di politik.

Gerakan ini diinsiasi oleh relawan TurunTangan Banten Dewi Mulyani sejak pertengahan tahun 2016. Sebelumnya Dewi melakukan ziarah ke Pandeglang. Sempat ke daerah pelosok dan menemukan banyak spanduk dan baliho yang mempromosikan bakal-bakal calon gubernur. Mayoritas bakal calon berasal dari dinasti Atut dan memiliki track record buruk. Kondisi ini membuat Dewi gelisah dan terpikir untuk membuat gerakan yang akan mensosialisasikan pilkada dan calon-calonnya, serta menyadarkan masyarakat akan permasalahan yang ada di Banten sehingga bisa memilih sosok yang tepat. “Momen pilkada ini harus bisa jadi turning point untuk Banten,” ujar mahasiswi Jurusan Politik Universitas Indonesia.

Setelah melewati proses diskusi dengan para relawan TurunTangan Banten, ide tersebut terealisasi. Di awali dengan open recruitment relawan pada Agustus 2016. Kini Untuk Banten telah berhasil menjaring puluhan relawan dan telah memiliki visi misi serta time line aktivitas yang jelas. “Antusias anak muda untuk mengawal Pilkada Banten luar biasa. Bahkan ada yang berasal dari luar daerah,” ujar Koordinator Umum TurunTangan Banten Andi Angger.

Adapun visi Untuk Banten adalah menjadikan Banten sebagai provinsi yang dipenuhi oleh pemimpin-pemimpin yang berintegritas. Sementara misi dari gerakan ini menjadi wadah partisipasi aktif masyarakat dalam aksi kerelawanan di bidang politik, kanal edukasi dan informasi yang komprehensif terkait perhelatan pilkada di Banten dan mendorong orang baik di Banten untuk terlibat di ranah politik.

Beberapa kegiatan yang akan dilakukan Untuk Banten adalah produksi konten dan infografis yang disebarkan melalui media sosial, tweet talk, debat tim sukses cagub dan cawagub, debat cagub dan cawagub, sekolah demokrasi Banten, Banten Youth Leader dan mengawal suara saat pencoblosan.

Informasi mengenai project ini dapat dilihat di website www.untukbanten.org, facebook Untuk Banten, twitter dan instagram @untukbanten. Atau bisa langsung datang ke sekretariat Untuk Banten di Ruang Penggerak, Jalan Haji Abdul Gani No. 44 Rt. 002 Rw. 02 Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

 

Yus bergabung dengan TurunTangan sejak 2013. Sarjana Matematika lulusan Universitas Lampung ini memiliki minat besar di bidang jurnalistik dan sempat bekerja di salah satu media lokal di Lampung sebagai jurnalis. Untuk itu ia dipercaya menjadi Staf Hubungan Masyarakat dan mengelola buletin TurunTangan, Kabar Relawan.

Komentar