Home Profil Relawan Dini Berkomitmen Majukan TurunTangan Malang

466

Sama seperti Lina, Dini Rahmafathi juga telah berbung dengan TurunTangan Malang sejak satu tahun lalu. Alasan bergabung saat itu, ingin mencari kegiatan di luar organisasi kampus. Saat mencari informasi di twitter, wanita yang akrab disapa Dini ini mendapati informasi oprec TurunTangan Malang. Tak menunggu lama, Dini segera mendaftarkan diri.

First impression TurunTangan itu social movement dan enggak nyangka kalau dilatar belakangi tokoh yang saya kagumi, Pak Anies Baswedan. Maka saya tertarik,” ungkapnya.

Beberapa kegiatan TurunTangan Malang yang pernah diikuti yakni Pustaka Tamasya, Jelajah Ngalam, Buku untuk Ranupane, Ruang Sinau dan Ambalwarsa. Tapi baginya, hanya Ruang Sinau dan Jelajah Ngalam yang sangat berkesan.

Jelajah Ngalam adalah kunjungan wisata di sekitar Kota Malang, dimana setiap peserta diharuskan membuat deskripsi tempat wisata yang dikunjungi. Dari kegiatan ini, peserta mengetahui bahwa Malang mempunyai wisata edukasi yang bagus dan belum banyak diketahui masyarakat. Selain itu juga belajar sejarah mengenai candi-candi yang ada di Malang. “Ternyata masing-masing candi punya cerita sendiri,” katanya.

Sementara Ruang Sinau, meskipun tidak ikut secara intens, tapi sangat berkesan karena bisa membuat siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Roudhatul Jannah Jobung, Malang juara lomba menari di acara Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) di Malang. “Yang bikin haru lagi, saat penutupan Ruang Sinau, mereka berinisiatif membuat penampilan buat kami,” ujarnya.

Terpilih sebagai Wakorum TurunTangan Malang, Dini mengaku senang. Meskipun sedang sibuk menyusun skripsi dia ingin tetap berkontribusi di TurunTangan Malang. Rencananya, Dini ingin membuat gerakan baru lagi dan mempertahankan gerakan yang sudah ada. Untuk itu, ia berharap relawan memiliki komitmen untuk terus bergerak. “Meski judulnya ‘relawan’ tapi mereka harus komitmen untuk terus bergerak,” katanya.

Biodata

Nama lengkap : Dini Rahmafathi

Nama Panggilan : Dini

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 23 Juni 1994

Kuliah : Universitas Brawijaya

Kegiatan : Volunteer di Pusat Studi Layanan Disabilitas UB, Volunteer Sosialisasi

Ruang Berbagi Ilmu, Sekertaris Eksternal Forum Mahasiswa Peduli Inklusi

UB, Wakorum TurunTangan

 

Yus bergabung dengan TurunTangan sejak 2013. Sarjana Matematika lulusan Universitas Lampung ini memiliki minat besar di bidang jurnalistik dan sempat bekerja di salah satu media lokal di Lampung sebagai jurnalis. Untuk itu ia dipercaya menjadi Staf Hubungan Masyarakat dan mengelola buletin TurunTangan, Kabar Relawan.

Komentar