Home Kabar Terbaru Gelar Ratusan Buku, TurunTangan Banjarmasin Banjir Dukungan

250

Relawan TurunTangan Banjarmasin menunjukkan komitmennya untuk terus mendorong masyarakat gemar membaca. Melalui program Tikar Baca yang diinisiasi empat bulan lalu, relawan menggelar ratusan buku di Kalsel Book Fair 2017 di Lapangan Murdjani, Banjarbaru, Jumat-Minggu (31 Maret-9 April).

Berbeda dari stand lainnya yang menyuguhkan berbagai buku untuk dijual, stand Tikar Baca justru memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk membaca buku tanpa dipungut biaya. “Buku-buku yang kami sajikan tidak ada yang dijual, masyarakat bebas baca buku gratis di tempat,” ujar Koordinator TurunTangan Banjarmasin Dede.

Dari hasil pantauan, banyak masyarakat khususnya anak-anak yang mengunjungi stand Tikar Baca. Bukan karena bisa membaca gratis saja, tetapi dekorasi stand yang unik menarik perhatian mereka untuk berkunjung. “Yang datang lebih banyak anak-anak bersama orang tua mereka. Tapi anak mudanya banyak juga,” kata Dede.

Keikutsertaan Tikar Baca dalam Kalsel Book Fair, mendapat dukungan dari pemerintah setempat. Walikota Banjarmasin, wakil walikota Banjarbaru, anggota DPR-RI perwakilan Kalimantan Selatan, dan anggota DPRD Tanah bumbu menyatakan dukungannya. Sejumlah akademisi, pengusaha dan sastrawan pun mendukung penuh Tikar Baca dalam upayanya meningkatnya minat baca masyarakat Banjarmasin. “Generasi literasi adalah pewaris masa depan, karena membaca adalah pintu menguasi ilmu pengetahuan,” ujar Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang tertulis di poster yang diunggah di instagram @turuntanganbjm.

Pada akhirnya, kehadiran Tikar Baca pada book fair juga menggerakkan masyarakat untuk menyumbangkan buku-buku baik bekas maupun baru. “Banyak yang kasih sumbangan buku juga, tapi masih kurang buku bacaan untuk anak-anak,” ungkap Dede.

Untuk itu Dede sangat berharap, akan semakin banyak masyarakat yang mau mendonasikan buku kepada TurunTangan Banjarmasin.

Yus bergabung dengan TurunTangan sejak 2013. Sarjana Matematika lulusan Universitas Lampung ini memiliki minat besar di bidang jurnalistik dan sempat bekerja di salah satu media lokal di Lampung sebagai jurnalis. Untuk itu ia dipercaya menjadi Staf Hubungan Masyarakat dan mengelola buletin TurunTangan, Kabar Relawan.

Komentar