Home Artikel Populer Ingin Merayakan Hari Sumpah Pemuda? 8 Kegiatan Seru Ini Bisa Kamu Coba

229

Setiap tanggal 28 Oktober, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Peringatan itu mengingatkan kita terhadap sejarah perjuangan pemuda-pemudi Indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Berbagai kegiatan pun dilakukan untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda. Selain mengikuti upacara, lima kegiatan seru dan kekinian ini bisa kamu coba. Dijamin bisa meningkatkan jiwa nasionalisme kamu sebagai anak muda.

 1.     Mendaki gunung

Sumber: Dokumentasi Trip4care

Sumber: Dokumentasi Trip4care

Menurut para pendaki, ketika mendaki gunung kamu akan menemukan jati diri sesungguhnya. Hal tersebut bisa terjadi setelah melewati berbagai rintangan di dalam pendakian. Yap, ketahui terlebih dahulu jati diri kamu sebenarnya sebagai pemuda Indonesia untuk mencintai negerimu sendiri. Karena Indonesia menawarkan pemandangan alam yang memukau, kamu juga bisa mencintai Indonesia dimulai dari alamnya.

2.     Mengunjungi museum

Sumber: Intisari Online

Sumber: Intisari Online

Pemerintah Indonesia mendirikan Museum Sumpah Pemuda yang berlokasi di Jalan Kramat Raya No. 106, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat. Museum ini memiliki koleksi foto dan benda – benda yang berhubungan dengan sejarah Sumpah Pemuda 1928, serta kegiatan – kegiatan dalam pergerakan nasional kepemudaan Indonesia.  Kamu bisa ajak teman terdekat atau keluarga untuk wisata sejarah ke museum ini. Tak hanya murah tapi juga bisa menambah kecintaan kita terhadap sejarah Indonesia.

3.     Membuat konten di media sosial

Sumber: Instagram TurunTangan

Sumber: Instagram TurunTangan

Bagi kamu yang jago desain grafis dan menulis, bisa membuat konten yang menggugah semangat muda sekaligus mengajak teman-teman followers kamu untuk mengetahui makna hari Sumpah Pemuda.

4.     Bangga berbahasa Indonesia

Sumber: Republika Online

Sumber: Republika Online

“Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.” Apakah penggunaan bahasa Indonesia kamu sudah benar? Adakah kata-kata bahasa Indonesia lain yang belum kamu ketahui maknanya? Ayo jangan malas untuk membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Apalagi sekarang ada versi onlinenya juga, lho. Mari kita cintai bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

5.     Lafalkan sumpah pemuda

Sumber: Waktuku

Sumber: Waktuku

Sudahkah kamu hafal bacaan sumpah pemuda? Atau urutannya suka terbalik? Ini nih butir-butir sumpah pemuda yang bisa kamu lafalkan:

“Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.

 Kami putera dan puteri Indoneesia berbangsa satu, Bangsa Indonesia.

Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.”

Bagaimana, seru bukan? Jadilah generasi muda millennial yang cinta Indonesia, ya!

Bergabung dengan TurunTangan sejak September 2017 sebagai staf internship divisi hubungan masyarakat. Dia memiliki hobi fotografi dan baru saja menyelesaikan kuliahnya di Universitas Jayabaya, Jurusan Manajemen.

Komentar