Home Artikel Populer Jadi Relawan Bisa Membuat Hidupmu Bahagia Lho! Berikut 7 Alasannya

639

Relawan adalah seorang yang sukarela menyumbangkan waktu, tenaga, pikiran dan keahlian untuk menolong orang lain. Menjadi relawan juga tidak mendapatkan upah atau gaji atas apa yang telah disumbangkan. Meskipun begitu

menjadi relawan akan membuatmu lebih bahagia. Kamu akan sadar bahwa kebahagian tidak melulu soal uang.

Berikut tujuh alasannya.

1. Kamu akan mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya

Pemeriksaan kesehatan gratis

Relawan TurunTangan sedang membuka pemeriksaan kesehatan gratis bagi pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung

Selama ini kamu hanya melihat bagaimana relawan bekerja di layar televisi, membacanya di koran atau majalah dan mendengar cerita dari orang-orang. Tapi ketika kamu menjadi relawan kamu akan merasakannya secara langsung, baik suka maupun duka. Misalnya kamu akan merasakan pengalaman susahnya menyalurkan bantuan berupa makanan dan obat-obatan kepada korban bencana alam.

2. Kamu mempunyai kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan wawasan baru

Relawan TurunTangan Jakarta sedang berdiskusi

Relawan TurunTangan Jakarta sedang berdiskusi

Sebelumnya mungkin kamu hanya tahu tentang apa yang kamu pelajari di kampus. Saat kamu menjadi relawan, kamu akan mempelajari hal-hal baru ketika terjun ke lapangan. Bagaimana cara mendistribusikan bantuan dengan baik, menghadapi rintangan dan hambatan ketika di jalan, bercengkrama dengan penduduk lokal, dan tahu tentang daerah yang kamu datangi.

3. Teman kamu akan bertambah sangat banyak

IMG-20161128-WA0026

Relawan dari seluruh Indonesia bertemu di Gathering Nasional TurunTangan 2016 di Medan

Ketika menjadi relawan, kamu akan bertemu orang-orang baru dari berbagai latar belakang. Mau tidak mau kamu harus berkenalan dan bersosialisasi dengan mereka. Teman kamu pun akan bertambah sangat banyak. Apalagi kalau kamu menjadi relawan di berbagai kegiatan/organisasi.

4. Mengasah skill kamu

berita foto

Seorang relawan TurunTangan Jakarta yang memiliki hobi videografi sedang mengambil video

Biasanya dalam kegiatan kerelawanan, organisasi/komunitas akan membutuhkan beberapa orang dengan keahlian khusus. Misalnya menulis, memotret, dan mendesain poster. Kalau kamu mempunyai keahlian-keahlian tersebut, otomatis keahlianmu akan semakin terasah.

5. Menjadi relawan membuat karirmu semakin berkembang

Salah satu dari mereka ada yang bekerja di LSM ICW (Indonesia Corruption Watch) karena memiliki passion di politik

Mengejar Setya yang tak setia ini dipelopori oleh relawan TurunTangan Medan yang memiliki passion di politik. Sekarang dia menjadi staf LSM ICW (Indonesia Corruption Watch)

Saat menjadi relawan kamu akan bertemu dengan orang-orang baru. Ini akan membantumu untuk membangun jaringan. Kamu juga dipaksa untuk bekerjasama dengan orang lain dalam bentuk tim dan waktu yang sangat cepat.

6. Kalau kamu beruntung bisa ketemu jodoh lho!

Pasangan ini merupakan relawan TurunTangan Yogyakarta yang dipertemukan di TurunTangan

Pasangan ini merupakan relawan TurunTangan Yogyakarta yang dipertemukan di TurunTangan

Jadi relawan mempertemukanmu dengan banyak orang, teman dan sahabat baru. Baik laki-laki maupun perempuan. Bisa jadi salah satu dari mereka adalah jodoh kamu yang ditakdirkan oleh Tuhan.

 7. Memberi dampak nyata dan kesempatan berbagi

Relawan TurunTangan menghibur anak-anak korban erupsi Gunung Sinabung

Relawan TurunTangan menghibur anak-anak korban erupsi Gunung Sinabung

Kamu tertarik menjadi relawan pasti karena tertarik atau suka dengan kegiatannya. Sehingga kamu akan menjalaninya dengan hati bukan karena paksaan dan itu membuat kamu bahagia. Ada hal lain yang kamu lakukan di luar rutinitas sehari-hari yang kadang membosankan.

Selain itu kamu akan menyadari bahwa hidup ini adalah pemberian Tuhan yang patut dibagi dan disyukuri. Saat kamu memberi sesuatu kepada orang lain, secara tidak sadar kamu sudah membuat mereka bahagia. Dan kamu akan merasa bersyukur bahwa kamu lebih beruntung daripada orang-orang yang kamu bantu.

Jadi tunggu apalagi, sibukkan dirimu di berbagai kegiatan kerelawanan dari sekarang agar hidupmu semakin bahagia.

Yus bergabung dengan TurunTangan sejak 2013. Sarjana Matematika lulusan Universitas Lampung ini memiliki minat besar di bidang jurnalistik dan sempat bekerja di salah satu media lokal di Lampung sebagai jurnalis. Untuk itu ia dipercaya menjadi Staf Hubungan Masyarakat dan mengelola buletin TurunTangan, Kabar Relawan.

Komentar