Home Profil Relawan Lebih Dekat dengan Kordum TurunTangan Bandung

556

TurunTangan Bandung melakukan Pemilihan Koordinator Umum (Kordum) baru pada 10 sampai 13 Mei lalu. Dua relawan yaitu Hikamul Haq Ridwan dan Ramli Yana maju mencalonkan diri menjadi kordum. Pemilihan kordum dilakukan secara online. Hasilnya Hikamul Haq Ridwan memperoleh 79 suara sedangkan Ramli Yana hanya memperoleh 21 suara.

Sejak 13 Mei sampai setahun kedepan, TurunTangan Bandung resmi dipimpin oleh Hikamul Haq Ridwan. Berikut petikan wawancara dengan Kordum TurunTangan Bandung yang baru tersebut:

Bagaimana perasaanmu ketika terpilih menjadi koordinator?

Senang pastinya. Hampir tujuh bulan, TurunTangan Bandung bergerak tanpa koordinator. Otomatis kegiatan TurunTangan Bandung saat itu sangat sedikit. Kegiatan menghilang, relawanpun ikut menghilang.

Rencana yang disiapkan untuk TurunTangan Bandung setahun kedepan?

Rencana awal, saya akan “blusukan” ke anggota, baik lama maupun baru.  Mendengarkan keluhan dan saran mereka Mengenai TurunTangan Bandung. Dari banyaknya saran dan keluhan, saya merasa TurunTangan Bandung belum memiliki identitas yang memiliki image yang melekat di masyarakat. Oleh karena itu rencananya, saya akan membuat dan menginisiasi project TurunTangan Bandung yang fokus pada impact. Jadi, fokus pada bagaimana dampak kegiatannya, bukan pada apa jenis kegiatannya.

Beberapa project yang sudah berjalan seperti SWARA DPR, JALAN KITA yang bekerja sama dengan RRI, dan KAMANAWE juga perlu adanya inovasi dan kesinambungan agar masyarakat terus aware dengan project kami.

Kapan kamu mulai bergabung dengan TurunTangan?

Saya bergabung dengan TurunTangan pada akhir 2013.

Alasan bergabung saat itu?

Saya melihat Gerakan TurunTangan adalah sekumpulan orang yang tidak hanya berwacana dan mengkritik pemerintah. Mereka turun tangan menyelesaikan permasalahan yang ada di Indonesia tulus, tanpa imbalan.

TurunTangan juga wadah orang-orang kreatif, peduli, dan mau bergerak mengurangi masalah di negeri ini. Tidak tunjuk sana, tunjuk sini untuk melakukan perubahan, tetapi dirinya sendiri melakukan perubahan.

Saya terharu ketika melihat video kopaja yang dibuat oleh relawan TurunTangan. Ada quote menarik, “Orang-orang baik tumbang bukan hanya karena banyaknya orang jahat, tetapi karena banyaknya orang-orang baik yang diam mendiamkan”.

Quote itu saya pegang teguh sampai sekarang. Daripada saya urun angan, lebih baik turun tangan.

Menurut kamu apa arti turun tangan?

Turun tangan adalah saat dimana kita terlibat. Terlibat berarti bukan hanya melihat, tetapi merasakan dan aktif berkontribusi untuk peduli dan ambil bagian dari masalah yang ada di negeri ini.

Apa pesanmu untuk relawan TurunTangan di seluruh Indonesia?

Untuk relawan di seluruh Indonesia, teruslah berjuang melunasi janji kemerdekaan. Fokus pada kegiatan-kegiatan yang berdampak pada masyarakat. Dan teruslah menginspirasi orang lain untuk bersama-sama ikut turun tangan menyelesaikan masalah. Pejuang, bukan? Hadapi!

Biodata

Nama: Hikamul Haq Ridwan

Tempat, tanggal lahir: Cimahi, 11 Juni 1991

Aktivitas: Mahasiswa semester akhir di Univesritas Padjajaran Jurusan Ilmu Komunikasi

Hobi: Membaca

Moto: Almuhafazatul ‘alal Qodimis salih Wal Akhzu bijadidil Aslah. Artinya, memelihara yang baik dari tradisi lama dan mengambil yang lebih baik dari yang baru.

Yus bergabung dengan TurunTangan sejak 2013. Sarjana Matematika lulusan Universitas Lampung ini memiliki minat besar di bidang jurnalistik dan sempat bekerja di salah satu media lokal di Lampung sebagai jurnalis. Untuk itu ia dipercaya menjadi Staf Hubungan Masyarakat dan mengelola buletin TurunTangan, Kabar Relawan.

Komentar