Home Catatan Relawan TTM Akan Adakan Penutupan Kampung Aur

502

TurunTangan Medan (TTM) akan mengadakan kegiatan penutupan kampung binaan, Kampung Aur, Medan Maimun, Medan, Minggu (28/2/2016). Rencananya kegiatan akan diisi dengan penyerahan tempat sampah, peresmian rumah baca dan hiburan.

Kampung binaan merupakan bagian dari program “Environment Care of TurunTangan Medan” (ECO-TTM) yang mengangkat isu lingkungan. Kegiatan ini dilakukan di sebuah perkampungan di bantaran Sungai Deli, Kampung Aur.

Masyarakat Kampung Aur masih bergantung pada sungai untuk mandi, cuci, dan kakus. Padahal Sungai Deli sudah tercemar oleh sampah. Masyarakat kerap membuang sampah di sungai dengan alasan tidak tersedianya tempat pembuangan dan pengangkutan sampah dari Dinas Kebersihan Kota Medan.

Program ECO-TTM dimulai pada Maret 2015. Kegiatan awal difokuskan dengan membersihkan lingkungan di sekitar rumah warga. Relawan TTM dan masyarakat Kampung Aur saling bergotong royong mencari sampah di sekitar rumah warga. Mereka juga mengadakan penyuluhan tentang menjaga kebersihan, salah satunya adalah cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Berbagai permainan juga dilakukan di sela-sela kegiatan untuk mendekatkan relawan dengan anak-anak Kampung Aur.

Pada Mei sampai Agustus, TTM mengajarkan anak-anak Kampung Aur berkreasi membuat pot bunga dari botol plastik dan mengadakan sunat massal bekerjasama dengan Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU). Serta mengadakan pesantren kilat dan kampung anti korupsi.

Pada Agustus, ECO-TTM mengajak komunitas-komunitas di Kota Medan untuk ikut terlibat dan menjadikan kampung Aur sebagai kampung binaan. Beberapa komunitas yang terlibat diantaranya, HILO Green Community, BOSH, Medan Heritage, Sanggar Kreatif, dan Mahasiswa Kedokteran Indonesia Bersatu. Bersama komunitas-komunitas itu TTM mengadakan penyuluhan tentang bank sampah, ekonomi kreatif untuk ibu-ibu dan anak-anak, pembuatan tempat sampah, menghidupkan perpustakaan, dan periksa kesehatan gratis.

 

 

Ayo TurunTangan untuk Indonesia! Kirimkan karyamu ke blog@turuntangan.org!

Komentar