Home Kabar Terbaru TurunTangan Banjarmasin Sulap Bantaran Sungai jadi Cantik

348

Terinspirasi dari project Rumah Warna-Warni di bantaran Sungai Brantas Malang, TurunTangan Banjarmasin bersama mahasiswa dan dosen arsitek Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) mengecat rumah-rumah pesisir Sungai Martapura, tepatnya di Kampung Sasirangan Jalan Seberang Masjid, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pada Jum’at (13/8).

Kegiatan yang bertujuan untuk mempercantik kawasan bantaran sungai itu juga diikuti oleh Komunitas Kotaku Banjarmasin dan Relawan Cinta. Mereka bergotong royong mengecat rumah dengan cat warna-warni bermotif Sasirangan yaitu khas kain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan.  “Ada sebanyak 40 rumah yang dicat dengan motif Sasirangan pada pengecatan tahap pertama ini,” ujar Relawan TurunTangan Banjarmasin, Rano.

Selain mempercantik kawasan, kegiatan ini juga menunjukan bahwa budaya gotong royong masih ada pada masyarakat urban Banjarmasin. Menurut Rano, partisipasi publik ini harus ditingkatkan. “Banjarmasin milik kita semua bukan hanya milik pemerintah daerah, karenanya masyarakat harus turut berpartisipasi dalam pembangunan Kota Banjarmasin,” katanya.

Yus bergabung dengan TurunTangan sejak 2013. Sarjana Matematika lulusan Universitas Lampung ini memiliki minat besar di bidang jurnalistik dan sempat bekerja di salah satu media lokal di Lampung sebagai jurnalis. Untuk itu ia dipercaya menjadi Staf Hubungan Masyarakat dan mengelola buletin TurunTangan, Kabar Relawan.

Komentar