Home Artikel Populer Viralkan Postinganmu dengan Cara Ini

112

Selain media cetak dan elektronik, ada satu wadah lagi yang sangat lekat dengan keseharian kita, apalagi kalau bukan media sosial (medsos). Semakin terjangkaunya harga smartphone dipasaran, tidak menutup kemungkinan bahwa semua lapisan masyarakat dari berbagai usia menjadi pengguna smartphone yang memungkinkan untuk kita berselancar di dunia maya. Pastinya kamu pernah liat kan postingan yang di-Iike dan di-share sampai ratusan bahkan ribuan kali serta dikomentari dengan berbagai sudut pandang oleh banyak orang? Nah ini dia beberapa tips agar postingan yang kamu buat menjadi viral.

1. Sosial media pilihanmu

Ada berbagai macam platform sosial media yang bisa kita manfaatkan, bisa facebook, twitter, instagram, blog, youtube, dan sebagainya. Pastian medsos yang kamu punya memiliki banyak pengikut (followers) dan content yang mudah diingat.

2. Mainkan emosi

Teruntuk kamu yang pandai merangkai kata-kata, followers sangat gemar membaca postingan yang bisa mengaduk-aduk emosi but keep it short and meaningful ya! Pastikan tulisan yang kamu buat tidak berlebihan dan sesuai dengan fakta yang tejadi. Jangan sampai kamu jadi orang yang menyebarkan berita bohong atau hoax.

3. Waktu yang tepat untuk posting

Dalam 24 jam di keseharian kita, ada jam-jam sibuk yang tidak memungkinkan untuk mengecek sosial media. Penting untuk kamu mengetahui waktu yang tepat untuk posting. Pukul 11-14 adalah waktunya orang menunggu jam istirahat menjelang makan siang, biasanya kita sudah tidak lagi konsentrasi untuk bekerja maka yang mereka lakukan adalah berselancar di dunia maya. Setelah waktu istirahat selesai pun mereka tidak langsung bekerja, ada jeda untuk bersantai sedikit hingga pukul dua siang.

Nah kalau malam harinya jam 18-21 adalah waktu yang banyak dilakukan orang untuk membuka sosial media, karena di jam tersebut sambil mengistirahatkan badan setelah lelah bekerja mereka akan meluangkan waktu melihat what’s goin on today sampai nanti menjelang waktu istirahat.

4. Hari yang membosankan

Percaya ngga kalau dalam tujuh hari ada beberapa hari yang membosankan? Yes, itu adalah hari senin, selasa dan jum’at. Karena di hari senin dan selasa, orang belum semangat untuk bekerja, masih bersantai mengingat keseruan liburan di akhir pekan kemarin. Nah dihari itu biasanya akan lebih banyak orang membuka sosial media. Jumat adalah hari dimana kebanyak orang berselancar informasi mencari tempat yang seru untuk menghabiskan akhir pekan, bisa juga kamu posting pengalaman dan foto tempat kamu berlibur atau berinfo acara yang akan berlangsung akhir pekan nanti.

Jangan posting di hari Sabtu dan Minggu karena warga net lebih banyak menyibukkan diri dengan kegiatan refreshing mereka yang menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

5. Posting dengan rutin

Ketika tulisan yang sudah kamu buat menjadi viral, pembaca akan mengingat namamu dan akan terus menunggu postingan kamu yang berikutnya, ini kesempatan buat kamu untuk terus menulis dan mencari informasi sebanyak mungkin yang kemudian dituangkan melalui sudut pandang kamu sendiri. Tapi selalu ingat untuk membuat tulisan berdasarkan fakta yang terjadi.

Sebenarnya dasar yang kita perlukan adalah banyak membaca dan terus menulis. Orang yang melihat postingan kita akan sendirinya men-share tulisan yang dianggapnya bagus dan bermanfaat. Jadi, manfaatkan kesempatan bersosial media kedalam hal-hal yang positif.

Bergabung dengan TurunTangan sejak September 2017 sebagai staf internship divisi hubungan masyarakat. Dia memiliki hobi fotografi dan baru saja menyelesaikan kuliahnya di Universitas Jayabaya, Jurusan Manajemen.

Komentar